Minggu, 31 Oktober 2010

Efek rumah kaca dan manfaat

EFEK RUMAH KACA, HASILKAN AIR BERSIH

Efek rumah kaca yang selam ini kita ketahui sebagai penyebab terjadinya pemanasan global yang saat ini ramai di perbincangkan, ternyata juga banyak memiliki asas dan manfaat. Di benua eropa misalnya efek rumah kaca di gunakan sebagai alat untuk menanam tanaman sayur mayor, meski dengan cuaca yang cukup dingin.

Efek rumah kaca dapat di gunakan dengan cara menanam tanaman sayur mayur di tanam di sebuah kebun yang di bagian atap dan dindingnya menggunakan kaca tembus pandang, Dengan memanfaatkan sinar matahari yang ada. Dengan kondisi tersbut, maka tanaman yang biasanya hidup di daerah dengan kondisi suhu panas, dapat yumbuh subur.

Berbeda dengan yang di lakukan beberapa masyarakat di kelurahan puntondo kabupaten takalar, dengan memanfaatkat efek rumah kaca, masyarakat masih dapat menikmati air bersih. Dengan menggunakan wadah kotak hitam, yang diatasnya di tempatkan kaca transparan yang di bentuk menyerupai prisma, mereka dapat menikmati air bersih, dengan melakukan penyulingan air dengan cara destilasi air.
Cara kerja kotak ini cukup sederhana, air asin yang sebelumnya telah di endapkan di sebuah wadah, di masukkan ke dalam bak air yang sengaja di cat menjadi warna hitam agar dapat menyerap suhu panas dengan sempurna. Sinar matahari kemudian akan masuk kedalam rumah kaca semenntara suhu panas secara otomatis akan di tampung di dalam wadah air rumah kaca.
Suhu panas yang beda dalam wadah dengan rumah kaca ini, akan menguapkan air asin yang yang berada di dalam wadah, kemudian akan menghantarkan partikel partikel air pada kaca yang akan menimbulkan titik tikik air. Kemudian akan menetes melalui kca yang berbentuk ptisma, dan di alirkan ke aliran air yang sengaja di buat di dalam wadah yang berfungsi mengumpulkan dan mengalirkan titik air ke dalam sebuah wadah. Proses destilasi air bersihpun telah selesai, kini masyarakat dapat menikmati air bersih siap di komsumsi dengan melakukan proses destilasi air.

Di daerah kawasan wisata puntondo, media destilasi air bersih dengan memanfatkan efek rumah kaca sangat gampang di jumpai, karena kawasan ini merupakan kawasan yang sangat sulut mendapatkan air bersih, karena di daerah ini, hanya terdapat air asin, dan air payau, karena berada di daerah pesisir pantai.

Oleh : valent